Blue Fire Pointer AIRPLANE IN THE SKY: Tips Konsisten Membaca Alquran Setiap Hari

Selasa, 23 Januari 2018

Tips Konsisten Membaca Alquran Setiap Hari

Assalamu'alaikum Wr Wb. Hai, sobat yang saling mengingatkan dalam kebaikan! Saya teringat saat menjadi mahasiswa baru dahulu, kami diberikan kuisioner dari lembaga kajian Islam di kampus yang salah satunya berisi pertanyaan rutinitas membaca Alquran. Apakah setiap hari, sekali tiga hari, atau bahkan jarang. Tentunya saya tidak akan memberi tahu jawaban saya pada saat itu dalam tulisan ini. Bagaimana dengan kamu? Mari ingat-ingat lagi kapan terakhir membaca Alquran dan seberapa banyak bacaannya. Yuk, dijawab dalam hati masing-masing.

Bagi siapapun yang selama ini jarang membaca Alquran, ada beberapa tips agar rajin membacanya:
  1. Ambil Alquran, bacalah 1 juz sekaligus. Jangan hitung berapa lembar yang ada dalam 1 juz tersebut, teruslah membaca. Sadarilah bahwa membaca Alquran itu tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Kita bisa saja betah bernyanyi, mendengarkan musik, atau membuka media sosial berlama-lama dalam waktu yang tak disadari sudah berjalan panjang. Mengapa tidak bisa meluangkan porsi untuk membaca kitab Allah.
  2. Setelah membaca 1 juz Insya Allah akan lebih mudah untuk membacanya 3 lembar perhari. Letakkan Alquran di dekat perangkat alat sholat. Upayakan membacanya minimal 2 kali sehari kira-kira 1 lembar selepas sholat Subuh dan 2 lembar usai sholat Isya.
  3. Tetapkan target yang tidak muluk-muluk. Misalnya khatam dalam waktu 4 bulan. Jika sudah terbiasa, Insya Allah target ini bisa direvisi dengan durasi yang lebih singkat.
  4. Ambil momentum perubahan dalam hidup. Mulai hari ini, saya akan membaca Alquran setiap hari. Senang kan, ada rutinitas baru dalam mengawali pagi dan mengakhiri malam?
  5. Sediakan air minum (jika tidak sedang berpuasa). Saat tenggorokan terasa kering, selingi dengan minum. 
 Semoga bermanfaat! Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar