Blue Fire Pointer AIRPLANE IN THE SKY: Pengalaman Tes CPNS Kemenkeu 2013

Sabtu, 28 Desember 2013

Pengalaman Tes CPNS Kemenkeu 2013


Alhamdulillah 24 Desember 2013 menjadi penutup tahun yang manis karena saya diterima di Kemenkeu, penempatan di Ditjen Pajak. Ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti proses lamaran kerja. Terima kasih kepada blogger yang ulasannya mencerahkan langkah saya meniti rekrutmen ini. Asik!

Garda depan rekrutmen Kemenkeu adalah SELEKSI ADMINISTRASI. Tahun 2013, jangka waktunya dari tanggal 6-20 September. Tidak sulit, cukup mengisi data dan upload hasil scan ijazah asli serta transkrip nilai asli ukuran max 300 kb ke http://rekrutmen.kemenkeu.go.id/. Pastikan anda tidak menunda mengunggah (upload) berkas hingga hari terakhir dan pastikan berkas benar-benar ter-upload karena teman saya ada yang tidak sadar kalau berkasnya tidak ter-upload sehingga sayang sekali kalau anda mengulangi kesalahan ini. Kita juga memilih unit eselon yang akan kita ambil. Waktu itu saya meletakkan Ditjen Pajak pada pilihan pertama dan Sekjend pada pilihan kedua. Waktu itu saya cuma asal memilih Sekjend. Saran saya, telitilah apa yang benar-benar akan anda ambil karena pilihan menentukan masa depan anda. Keterangan mengenai unit eselon dapat dilihat di website kemenkeu.

Kedua, TES KOMPETENSI DASAR (TKD). Tes ini diikuti oleh puluhan ribu pelamar dari berbagai jurusan. Ada yang berbeda TKD tahun ini dengan sebelumnya karena menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Kita melaksanakan tes secara online di lab komputer. Awalnya tangan saya cukup dingin, AC ruangan memang dingin namun bukan karena itu, tapi karena kami menjadi “kelinci percobaan” pelaksanaan tes dengan sistem CAT. Tak perlu panik karena kita hanya mengerjakan soal secara online. Ada pilihan ganda A sampai E, jawaban yang benar cukup di klik. Kita dapat mengulang ke soal sebelumnya apabila ada yang belum dijawab ataupun ingin merubah jawaban. Juga terdapat  bom waktu pada layar. Keunggulan dari tes ini nilai langsung keluar jadi tak ada celah “makhluk titipan”.

Tes ini terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang meliputi Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Saya membahas TKD melalui buku-buku persiapan tes CPNS serta merangkum hal-hal penting dalam sebuah buku. Segitunya? Ya, menulis membuat saya lebih mengingat. Yang tidak saya sangka, dalam soal saya ada pertanyaan mengenai nama Raja Yunani -_-

Materi TKD juga memuat Tes Intelegensi Umum (TIU). Seingat saya dalam TIU ini ada soal-soal sinonim, antonim, deret, suku ke-n, silogisme, matematika dasar, daaan saya lupa yang lainnya. Rajinlah membahas soal karena dengan demikian otak kita lebih terasah mengenal medan tempur ini.
 
Terakhir, Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Pertanyaannya seputar langkah apa yang akan kita ambil dalam sebuah situasi, kemudian juga menggali jiwa kepemimpinan dan kemampuan bekerjasama kita. Contohnya: Jika kamu sedang memimpin rapat, datang SMS mengabarkan anak kamu sakit. Apa yang kamu lakukan? 

Tes tanggal 6 Oktober itupun selesai. Waktu yang diperlukan adalah 90 menit untuk 100 soal. Nilai saya keluar yaitu 347 dengan rincian TWK 100, TIU 90, TKP 157. Selesai tes, saya sempat berbincang dengan seorang pegawai sekjend kemenkeu yang merupakan alumni fakultas saya serta seorang bapak panitia rekrutmen. Mereka menanyakan kegiatan saya di kampus, Setelah mengetahuinya, mereka katakan: “Kamu harus LULUS!”  Waahh, terharu mendengarnya :’) Di sini semangat baru muncul.
KETIGA, PSIKOTES. Saya lolos dengan peringkat 181 dari 1921 yang lolos ke tahap selanjutnya dari KP 03 (hukum) se-Indonesia. Yeee saya sukses sebagai kelinci percobaan sistem CAT, apasih! Maka tanggal 1 November saya menghadapi psikotes. Persiapan saya adalah membahas soal-soal psikotes dan belajar menggambar. Jangan lupa tidur yang cukup dan sarapan pagi untuk asupan energi karena energi benar-benar terkuras selama kurang lebih 6 jam di luar waktu pengisian data dan istirahat. Pukul 08.00 kami memasuki ruangan tes di Kampus UPI Padang.

Pada sesi pertama, kita diberikan 4 lembar jawaban. Tiap lembar jawaban memiliki waktu yang sangat singkat untuk mengerjakannya. Pada lembar pertama ada 30 soal yang sangan mudah, hanya tambah, bagi, kurang, kali. Saya mengerjakannya dengan santai, eeeh tidak sadar pada saat menginjak soal ke-15 waktu habis (galau). Merasa gagal, saya balas dendam pada lembaran berikutnya. Saya tidak tahu menyebutnya apa, kira-kira seperti ini soalnya: TDSK-TBSK. Kita teliti 2 kelompok huruf tsb apakah sama atau tidak. Adalagi soal pecahan gambar dan kita memilih pecahan mana yang membuat gambar utuh. Lalu soal-soal memilih siapa yang paling. Misal: Ana lebih tua dari Bayu, Charli lebih tua dari Ana, siapa yang paling muda?. Selebihnya saya lupa, maap. Saran saya sebelum tes, pastikan anda sudah buang air kecil karena saat tes kita tidak diizinkan meninggalkan ruangan. Inilah kesalahan saya sehingga sepanjang tes kloter pertama saya menahan pipis T_T. 

Lepas kloter pertama, saya pasang kaki seribu menuju toilet, dapat antrian kedua ^_^. Mulailah kami mengerjakan tes pauli/tes koran. Kita diberikan kertas sebesar koran dengan angka-angka timbal balik. Cara mengerjakannya adalah menjumlahkan angka pertama dengan kedua, demikian seterusnya. Saya terpacu melihat kecepatan teman di sebelah saya. Saya baru lajur pertama ia sudah masuk lajur kedua. Ternyata teman di samping kita menentukan kecepatan kita menghitung. Saya menyelesaikan 1 halaman depan ditambah lebih dari ½ halaman belakang. Oh ya, ada juga peserta yang minta tambah kertas. Tapi, ini tidak mempengaruhi penilaian, yang mempengaruhi adalah kestabilan kita dalam menghitung. Karena dalam tempo tertentu panitia mengatakan “garis!” maka kita harus menggaris sampai mana batas hitungan kita. Kemudian dilanjut menghitung lagi. Tes ini cukup membuat saya pegal dan serasa mau muntah.

            Saat istirahat Sholat Jumat, saya sempat makan roti dan beberapa suap nasi dari teman saya. Kemudian tes dilanjut dengan hal yang indah-indah, hehehe. Waktunya warteg tes. Inilah saatnya kita menjadi diri sendiri. Jangan tergugah untuk meniru gambar-gambar warteg tes dari internet karena gak mau kan jadi pribadi orang lain? Menggambar ini cukup membuat saya senyum-senyum karena sudah saya pikirkan dari rumah akan menggambar apa. Warteg tes terdiri dari 8 kotak.
Berikut kreasi saya: Kotak I gambar mata, Kotak II gambar kupu-kupu menghisap nektar, Kotak III gambar tiang listrik, Kotak IV gambar game tembak-tembak (yaa ampun), Kotak V gambar pisau dan buah, Kotak VI gambar laptop dan speaker, Kotak VII gambar bunga dandelion, Kotak VIII gambar orang terjun payung. Usai menggambar, kita disuruh memilih mana yang paling disuka, tidak disuka, mudah, dan sulit. Beri nomor urutan gambar yang pertama kita buat sampai terakhir. Tiap gambar diberi keterangan. Yang paling saya suka adalah gambar bunga dandelion yang terbang berpetualang setelah ia dewasa.

Setelah itu waktunya menggambar orang dan pohon. Saya menggambar seorang wanita yang sedang presentasi. Saya mengambar lengkap mata, alis, hidung, bibir, telinga, rambut, kemeja, blazer, celana panjang, jam tangan, dll. Ketika menggambar pohon, saya memilih menggambar pohon durian lengkap dengan akar, batang yang besar, dahan, ranting, dedauanan rimbun, dan beberapa buah durian.

Next, semacam kuisioner kepribadian. Jawabannya berurutan sangat setuju, setuju, ragu, tidak setuju, sangat tidak setuju. Misal: Apakah anda merasa banyak berita memprihatinkan di negeri ini? Saya jawab sangat setuju. Benarkah 1+1 = 2? Saya jawab sangat setuju, karena ini merupakan logika matematika. Apakah manusia di dunia hanya terdiri atas orang baik dan orang jahat? Saya jawab sangat tidak setuju, karena ini adalah logika sosial, orang baik punya sisi jahat, begitu pula orang jahat punya sisi baik. Ini menurut saya lhoo.

Selanjutnya ada kuisioner lagi untuk memilih tipe kepribadian seperti apa kita. Misal: A. Saya suka mengajarkan kepada bawahan saya mengenai tugas yang akan ia kerjakan sebelum ia mengerjakan. B. Saya senang dipuji atas prestasi saya. C. Saya senang meluangkan waktu untuk rekan-rekan di kantor dengan mengadakan acara yang bisa mendekatkan kita. Tips, konsistenlah dalam mengerjakan karena beberapa soal akan diulang. Walau waktu itu saya gak bisa konsisten penuh sih ;p Karena ada beberapa yang tidak sesuai kepribadian saya namun saya dipaksa memilih.

Selanjutnya kuisioner mengenai nilai apa pada diri kita yang membuat kita melamar CPNS kemenkeu. Disuruh memilih 3 pilihan diantara banyak pilihan di antaranya integritas, profesionalitas, sinergi, pelayanan, kesempurnaan, dll. Cantumkan alasannya juga.

Terakhir menganai 5 kelebihan dan 5 kekurangan kita. Saran saya isi semua agar mereka lebih dapat mengenali kepribadian kita. Kita juga diminta membuat ringkasan kesuksesan terbesar dan kegagalan terbesar dalam 2 tahun terakhir. Hayoooo banyak-banyak nostalgia. Kesulitan di sini tidak mesti dalam bentuk sertifikat prestasi, boleh juga sukses menghadapi hal sulit, dll. Pukul 15.30 tes berakhir. Saya makan sebanyak-banyaknya dan tidur pulas. Dalam tes ini, berusahalah sebaik dan semaksimal mungkin, namun jangan bebani pikiran harus lulus, serahkan hasilnya ke Allah SWT karena Ia Maha Tahu yang terbaik.

KEEMPAT, TES KESEHATAN DAN KEBUGARAN SERTA TES WAWANCARA AKHIR. Pengumuman 21 November membuat saya menangis karena saya menghadapi tes tanpa beban harus lulus. Di lain sisi, saya bercita-cita menjadi hakim. Karena tes cakim tidak buka 2013, maka saya mengikuti tes Kemenkeu untuk mencari pengalaman. Bisa dibilang awal saya mengikuti tes memang iseng, yaaa iseng dengan persiapan tentunya agar tidak mati sia-sia. Saya menangis karena mungkin di sinilah jalan yang diberikan Allah SWT kepada saya, bukan hakim. Kata sepupu saya Osa, mungkin jika saya jadi hakim saya tak akan sanggup. Galau membuat saya tidak bersiap-siap sedari dini. Jadwal tes kesehatan dan kebugaran tanggal 25 November, jadwal wawancara tanggal 26 November. Saya hanya berlatih lari pada 23 November sehingga kaki saya menjadi sakit. Untungnya ketika tes rasa sakit sudah berkurang dihempaskan semangat membara. 

Tes kesehatan dan kebugaran berlangsung di markas tentara. Jangan lewatkan sarapan pagi agar tidak pingsan! Pertama, kami di tes tensi, denyut nadi, tinggi badan, berat badan, mata, dan buta warna. Tidak ada cek darah dan urin. Kemudian mulailah lari 12 menit dan shuttle run. Kabarnya dalam lari 12 menit, minimal wanita menyelesaikan 4 putaran lapangan bola. Pria minimal menyelesaikan 6 putaran lapangan bola. 

Kami dipakaikan baju seragam yang ada nomornya. Saya mendapat nomor 4. Saya berlari paling cepat hahaha. Tak disangka masuk putaran kedua kaki saya sakit dan saya mencuri kesempatan untuk berjalan. Saya diteriaki panitia dan tentara. Maksud mereka di sini baik agar kita mampu menyelesaikan sebanyak mungkin putaran. “Hei hei kamu 4 kenapa jalan! Hei kamu 4 cepat! Hei 4 kok santai kali!” Tak hanya tentara dan panitia, peserta yang telah selesai lari juga menyoraki kami dengan teriakan penuh semangat. Ada yang bilang “Cieeee 4 sepatu baru!” Saya hanya mesem-mesem. Tapi saya senang diteriaki karena mereka ingin kami lulus. Lewat 4 putaran, saya santai karena merasa sudah melewati batas aman. Ehh saya dibalap oleh 2 pelari lainnya. Gagal pertamax gan! Akhirnya saya mampu menduduki juara 3 di kloter saya (total 6 kloter di Padang, tiap kloter max 10 orang) dengan 5 putaran lapangan bola di hari panas (pukul 10.30).

Kami diberikan minum dan istirahat sejenak. Belum cukup merebahkan kaki, saya mendapat giliran shuttle run, Shuttle run adalah berlari secepat mungkin membentuk angka 8 sebanyak 3 kali. Saat saya lari hujan mulai turun rintik-rintik. Akhirnya hujan turun deras Beruntung semua peserta sudah selesai. Saya pun pulang mengendarai sepeda motor berkawankan mantel. Singgah sebentar makan di Batagor Ihsan (promo).

Esok harinya adalah tes wawancara akhir. Persiapan saya hanyalah membuka tabloid Genta Andalas beserta semua tulisan-tulisan saya di Genta. Tak lupa saya nostalgia apa saja kegiatan saya selama menjadi wartawan kampus dan event apa yang pernah saya angkat. Genta Andalas adalah organisasi kampus yang bergerak di bidang jurnalistik. Saya membaca tugas pokok dan fungsi Kemenkeu, Ditjen Pajak, dan Sekjend. Masa sih kita gak paham posisi yang kita lamar? ;p

Tes wawancara akhir diikuti oleh 455 orang dari KP 03 (hukum) se-Indonesia. Sebelum memasuki sesi wawancara, kita diberikan 2 lembar kertas yang sebenarnya juga telah kita isi sewaktu psikotes. Yaitu mengenai kesuksesan kita dan kegagalan kita. 2 lembar kertas ini dibawa bersama Daftar Riwayat Hidup yang kita bawa dari rumah. Sesi wawancara berlangsung selama 30 menit dan direkam. Pewawancara saya adalah 2 orang Bapak yang berasal dari Ditjen Pajak pusat. Mereka mulai memperkenalkan diri dengan ramah.

Pertanyaan pertama adalah IPK. Setelah mendengar IPK saya sekian koma sekian, si pewawancara menanyakan tips belajar agar mendapat IPK demikian dan bagaimana membagi waktu dengan organisasi karena saya merupakan wartawan kampus. Kemudian seputar organisasi. Salah satunya saya disuruh menceritakan liputan terberat yang saya angkat, mengenai uji materil UU Perguruan Tinggi oleh mahasiswa Unand ke Mahkamah Konstitusi. Perlu saya beberkan rahasia bahwa saat wawancara saya sama sekali tidak kalem. Saya justru apa adanya seakan-akan saya sedang mempresentasikan hasil liputan saya kepada pemimpin redaksi dengan berapi-api. Tapi tetap kontrol emosi jangan sampai gebrak-gebrak meja, duduk-berdiri, mata melotot, dll *lebay. Saya mendapatkan pertanyaan melulu organisasi sampai akhir. Selalu ditanyakan apa yang dilakukan, siapa yang terlibat, dan apa hasilnya. Apa hasilnya ini selalu ditekankan. Intinya mereka ingin mengetahui pengaruh kita dan bagaimana kita menyelesaikan masalah. Sama sekali tidak dilihat Daftar Riwayat Hidup yang saya bawa. Bahkan tak ada pertanyaan seputar Kemenkeu dan tak ada petanyaan dalam bahasa Inggris (padahal sudah saya persiapkan sedikit, hehehe).

Pertanyaan untuk tiap peserta tidak sama tergantung apa yang kita lakukan. Ada teman saya yang ditanya isu hukum aktual, pernah mencontek atau tidak, dll. Tak masalah jika tak punya organisasi. Apapun bisa kita tonjolkan di sini termasuk hobi, prestasi, dll. Misal teman saya tidak memiliki organisasi namun ia pemain basket andalan kampus. Intinya kemukakan kesuksesan apa yang anda raih dan bagaimana anda menghadapi kegagalan. Di ujung wawancara, saya menandatangani surat perjanjian bersedia ditempatkan di mana saja. Sebelum berakhir, pewawancara mempersilahkan saya bertanya kepada mereka. Waktu itu saya tanyakan untuk berita kemenkeu di website kemenkeu, apakah ada wartawan khusus yang meliput atau bagaimana? Jawab mereka bahwa pegawai Kemenkeu-lah yang menulis berita tersebut, jadi banyak hal yang dipelajari setalah masuk Kemenkeu. Wahh salut :-)

Pengumuman yang dijadwalkan tanggal 4 Desember ditunda. Kami seperti digantung karena tak ada kepastian, disuruh memantau website setiap saat. Serasa di-PHP-in. Akhirnya pada tanggal 24 Desember pukul 23.00 saya mendapati nama saya tertera di urutan 23 dari 300 KP 03 (hukum) yang lolos tes CPNS Kemenkeu. Padahal kuota untuk KP 03 (hukum) adalah 429 orang. Sorry to write this: Jadi, hanya yang berkompeten saja yang berhak lulus menurut Kemenkeu (pertanyaan ini tertera di website kemenkeu). Tapi menurut saya, banyak orang-orang berkompeten yang hebat yang mengikuti seleksi, namun bukan di sini jalannya, ada tempat lain di mana ia akan menjadi lebih baik, di sanalah rezekinya. Semangat juga buat teman-teman yang belum lulus, mana tahu di antara kalian yang akan jadi hakim, hehehe.

Kembali ke laptop. Alhamdulillah Ya Allah :’) Saya langsung sujud syukur. Terima kasih kepada orang tua saya yang senantiasa mendukung dan mendoakan, adik-adik saya yang memberikan keceriaan dan semangat, nenek saya yang berdoa tiap sholat, sepupu yang senantiasa mengikuti perkembangan selama saya menjalani tes, dan teman-teman atas dukungan morilnya. Tentunya terima kasih kepada Kemenkeu yang mempercayakan saya menjadi abdi negara bidang perpajakan. 

Tips secara umum: 
1.   Perbanyak membahas soal-soal persiapan tes CPNS dan soal-soal psikotes.
2.  Jadilah diri sendiri, apapun yang telah anda lakukan di masa lalu tak kan sia-sia.
3.  Pahami kelebihan dan kekurangan anda. Jadikan kelebihan sebagai tonggak kesuksesan. Jadikan kekurangan bukan sebagai hal yang menghambat kesuksesan. Intinya bagaimana anda mengelola dan memperbaiki kekurangan.
4.  Terapkan pola hidup sehat sejak dini, rajinlah berolah raga.
5.  Buka website kemenkeu, tak ada ruginya anda update berita seputar kemenkeu.
6. Perbanyak beribadah sunnah, yang mulai jauh dari Tuhan, mendekatlah. "Jika kamu mendekati-Ku dengan berjalan, niscaya Aku mendekatimu dengan berlari-lari kecil"
7.  Jangan bebani diri dengan kalimat "Aku harus lulus." Tapi lakukanlah yang terbaik semaksimal mungkin. Kerahkan amunisi terbesar. Rezeki itu Allah yang atur.

Semangat buat para peserta tes CPNS Kemenkeu selanjutnya!!! Mari bergabung bersama kami!!!   NB: Saya sangat menghargai pembaca yang menyempatkan untuk mengirimkan komentar. Apabila ada pertanyaan bisa langsung berkomentar di blog ini atau dapat menghubungi saya via FB, twitter, dan email.  Tulisan ini tidak bermaksud menggurui, hanya berbagi saja mudah-mudahan bermanfaat.

203 komentar:

  1. mbak, lulus juga?
    saya lulus juga, dari palembang. saya masih bingung sama pemberkasan onlinenya, ga kesimpen datanya. mbak sudah coba pemberkasan online belum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas baru dibalas, waahh salam kenal dari padang. penempatan di mana mas? saya lagi magang di kanwil DJP sumbar dan jambi (lokasi padang).

      Hapus
  2. kalau untuk tes kesehatan mulut & gigi ada juga gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu saya tes 2013 gak ada mas, tapi saya tetap ke dokter gigi dl buat jaga2 beberapa hari sebelum tes :)

      Hapus
  3. Sangat menginspirasi saya. Terimakasih penulis :)

    BalasHapus
  4. kalo boleh tauu baca soal2 CPNS dimana?? mungkin ada recommend yang bagus ^_^ terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukunya terserah aja mbak, intinya cuma rajin dan terbiasa ama soal2 :)

      Hapus
    2. coba lihat website www.cpnscatonline.com mbak,
      ada simulasi onlinennya juga.
      Mudahan membantu y

      Hapus
  5. Menyenangkan baca blog ini, lucu,menambh wawasan,jd ikut kebwa dlam prosesx.. keren pkokx ^^
    Doakan q jg y ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi mbak tara :) maaf yah baru dibales kemaren habis prajab gak buka blog. semangat buat tesnya mbak!

      Hapus
  6. Oia tes mata gimana soalnya aku minus.. terus kemenkeu min IPK brp ? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru dibalas mbak, pas prajab gak buka blog, untuk minus saya rasa tidak masalah mbak :) IPK minimal 3,00. sukses ya mbak! :)

      Hapus
  7. terimakasih mbk, menginspirasi..

    BalasHapus
  8. Mba nanya dongggg. Mba kan udah masuk yg formasi hukum kan... nah kerjaan mba di kemenkeu apa aja ? Tentang analis hukum atau apa mba ? Trms ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan saya penempatan definitif di Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi, untuk penempatan di bidang belum dilakukan. jadi kerjaannya tergantung bidang mas. kaitannya dengan hukum kayaknya gak begitu, jadi mesti banyak belajar lagi ^_^

      Hapus
  9. Luar biasa unii,, matap sukses selalu ya ni..
    oya aku mau nanya ni, ada tes periksa seluruh badan gitu gak ni?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan di tahun 2013 tidak dilakukan pemeriksaan menyeluruh mbak, kalau tidak salah di tahun sebelumnya dilakukan. jaga kesehatan mbak :)

      Hapus
  10. Wah selamat ya, pengalaman yang bagus :)

    BalasHapus
  11. Denger2 penempatan cpns thn 2013 kmarin sebagian di luar pulau ya?
    Hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk wanita yang sudah berkeluarga sebagian besar di homebase mas, yang lainnya menyebar seluruh Indonesia dari Aceh sapai Papua :) DJP juga mas?

      Hapus
  12. ceb, baru baca.
    btw. blog nya ,makin keren aja nih :D

    keren, menginspirasi.
    wah, salut deh sama cebi.
    ak, kangeeen :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cupaaa maap baru balas, makasi udah dibaca :) sukses cup kl jd mau cb PNS!

      Hapus
  13. Mba nanya yaa...
    Waktu mba tes ada Tes kebidangan gtu ga? misalnya jurusan akuntansi ada tes akuntansi gtu,, ada ga mba? trs akreditasi minimal kampus ada ga mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sewaktu saya tes tidak mensyaratkan akreditasi universitas. tes bidang tidak ada mbak, semua tes sama untuk semua jurusan :) sukses buat tes nya mbak!

      Hapus
  14. maaf mbak sedikit curhat, saya ikut tes jg kemenkeu 2013 saya gagal di TKD. Sekarang saya udah siap utk ikut ujian di pemda tapi setelah baca blog mbak saya jadi semangat mau ikut kemenkeu lagi 2014. Bagaimana tanggapan mbak mendingan saya ikut di pemda atau kemenkeu lagi? saya takut gagal di wawancara dan tes mata krn saya pernah dites buta warna saya gak bisa baca semua lembarnya,cuma bisa baca lembar2 pertama..bagaima kira2 mbak ada yg sama seperti saya yg udah lulus kemenkeu 2013? thx be4 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan patah semangat mas :) kalau sudah mencoba TKD minimal sudah punya gambaran bagaimana TKD dengan sistem CAT. menurut saya, tidak ada salahnya mas coba lagi mengikuti rekrutmen kemenkeu tentunya dengan persiapan matang dan doa, dibawa santai aja mas jangan sampai tertekan. untuk tes buta warna saya tidak memiliki kapasitas untuk menjawab karena saya bukan dokternya mas :p
      sukses buat tes nya mas!

      Hapus
    2. Tes TKD sebenarnya tidak terlalu sulit dilewati, asal tahu cara-caranya.
      Coba lihat website www.cpnscatonline.com mbak,
      ada simulasi onlinennya juga.
      Mudahan membantu y

      Hapus
  15. sepertinya saya memutuskan di pemda aja mbak, saya takut gagal di tes buta warna. kalau tidak salah wktu prajabatan mbak di tes bt wrna lagi kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp mas kan itu pilihan, dimana pun tesnya sukses ya mas :)

      info: sewaktu prajabatan tidak ada tes buta warna..

      Hapus
  16. mbak febby, untuk dokumen pendukung pendaftaran apakah ada SKCK dan sejenisnya seperti yg diminta Kemlu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sewaktu saya tes 2013 tidak diperlukan SKCK namun saat pemberkasan (saat dinyatakan lulus) diminta SKCK mbak rani.

      Hapus
  17. Keren..
    Saya 2013 lalu tes di Balikpapan (asal Samarinda). KP-03 juga. Gagal di psikotes..:)
    Ya semoga dapat mengikuti jejak Mba Penulis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas jangan putus asa, coba lagi :)
      semangat ya mas!

      Hapus
  18. mba kalau ikut cpns di kemenkeu apakah nanti tes nya harus datang ke kantor pusat di jakarta ? trims sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tes dilaksanakan di kota yang sudah ditentukan, ada beberapa kota di indonesia jd gak mesti jakarta :)

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Assalam
    Kk..
    Sy ardi..alumni unand jg..jur farmasi,dan skrg lg ambil profesi
    Rncna sy mw ikut tes cpns kemenkeu tahun ini..
    Sy mau tanya,ap benar utk tahun ini tempat tes nya gak ada di padang lagi?

    Makasi mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ardi, tahun ini tidak ada di Padang. Semangat yah buat tesnya! :)

      Hapus
  21. menginspirasi bgt kaa ..
    ka aku lulusan smk , aku mau coba cpns nih , kira kira bisa ga ya ? ada wawancaranya juga ga ? soalnya aku liat yang tes wawancara cuma buat yang lulusan sarjana doang heheeh makasih ya mba sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya terima kasih :) untuk SMK atau D3 tidak ada tes wawancara kalau tahun lalu, mungkin tahun sekarang juga tidak ada. tes diakhiri dengan tes kesehatan dan kebugaran. selamat menjalani tes mariah!

      Hapus
  22. mbak ts kesehatan yang diadakan kemenkeu terdiri dr apa aja ya. masih ingat detail pemeriksaanya?
    soalnya pernah nemu tulisan di kaskus ada yg gagal pas tes kesehatan dan kebetulan dia ikut juga satu ankatan dengan mbak dr hukum malah TKD peringkat 10 tp gagal krn hiperhidrosis

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu zaman saya 2013 hanya tes mata, buta huruf, berat, tinggi, denyut nadi, tensi :)
      kalau tahun sebelumnya sampai ke varises dll saya dengar.
      tahun ini saya tidak tahu bgmn detilnya.
      semangat tesnya mas!

      Hapus
  23. wah mantap nih mbk slamat ya sudah jadi abdi negara
    moga bisa mengikuti jejak langkahnya tuk jadi abdi negara di kemenkeu th 2014 ini,btw tahun 2013 saya sudah pernah ikut tapi gagal di psikotes
    doain ya moga bisa lancar di tes kemenkeu 2014 ini, tetap semangat terus mencoba siapa tahu jadi rejekinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi mbak :)
      wah pasti didoain mbak, sukses ya! mudah2han rezeki di kemenkeu :)

      Hapus
  24. Selamat ya mba
    Tulisan nya sangat memberi gambaran untuk seleksi masing masing tahapannya
    Tahun ini saya jga ikut dftar s kemenkeu untuk yg akuntansi
    Saya agak minder jga karna beberapa kali daftar d bumn blm keterima.. tapi kalo d kemenkeu asal perguruan tinggi berpengaruh tidak ya mba? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa kemenkeu tidak memprioritaskan untuk melihat asal perguruan tinggi, lebih melihat personalnya :)
      semangat mas!
      mudah2han rezeki di kemenkeu ya.
      goodluck!

      Hapus
  25. Selamat ya mba,. Btw kemenkum terima Akreditasi apa. Masalahnya fakultas sy msh akreditasi C. Tlng infox

    BalasHapus
  26. Selamat ya mba,. Btw kemenku terima Akreditasi apa. Masalahnya fakultas sy msh akreditasi C. Tlng infox

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemenkeu tidak mensyaratkan akreditasi fakultas, teman saya juga ada yang akreditasi C dan diterima di kemenkeu.
      semangat mas buat tesnya! :)

      Hapus
  27. assalamualaikum mbak....makasi tulisan blognya sangat menginspirasi....saya tahun ini ikut daftar tes kemenkeu....jujur baru kali ini saya ikut tes pusat....mohon tips untuk tes wawancara dan tes kebugaran, karena itu yang cukup membuat saya dag dig dug....insyaallah selalu optimis, berdoa, berusaha, dan mungkin saran dari mbak bisa membantu kita yang akan berjuang tahun ini....makasi... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tes wawancara tidak jauh2 dari apa yg telah kita lakukan selama mahasiswa ataupun selama bekerja jika sudah punya pengalaman kerja.
      untuk tes kesehatan dan kebugaran persiapkan stamina, jangan lupa berlatih berlari sesuai jarak yang akan di tes.

      makasi mbak sudah baca blog saya :)

      Hapus
  28. Inspiratif skalih mbak pengalaman yg dituangkan.. Makasih ya buat info&jurus terjitunya hehehe. Salut!
    Skrg ini sy jg lg berjuang buat jd penerusnya mbak,smoga bs jd abdi negara jg. Aamiin.. Mhn doanya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi telah membaca blog saya :)
      semangat ya mbak! semoga rezekinya di kemenkeu!

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kurang tau mbak, tapi saya melihat ada beberapa yang mewarnai rambut. mungkin bisa ditanyakan kepada panitia kemenkeu :)

      Hapus
  30. mbak mau nanya,, berat badan dn tinggi badan yg diharuskan utk peserta cewek waktu tes kesehatan berapa ya??
    ooo yaa,, peserta yg pake behel (kawat gigi) bisa lolos gk ya?? atau langsung gugur krn gara2 pake behel??

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak tahu mengenai berat dan tinggi badan, kalao pake behel tidak masalah :)

      saya dari universitas andalas, fakultas hukum.
      saya tes di padang.

      Hapus
  31. mbak boleh tau gk mbak dari universitas apa?? dn dulu dftar dn tes cpns kemenkeu nya di kota mana??

    BalasHapus
  32. semoga masih ada jalan bagi orang yang malas belajar dan jarang beribadah dan berdoa seperti saya.. amiin..

    BalasHapus
  33. ooo gitu,, boleh tau gk mbak waktu tes kesehatan tinggi dn berat badan mbak berapa?? hehe

    dari tahap awal tes sampai tahap akhir tes,, yg tesnya di pusat (jakarta) mulai pada tahap apa ya mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggi 158, berat 50. :p

      semua tes dilaksanakan di kota yang sama dengan yang pertama, ke jakarta hanya ketika pemberkasan setelah dinyatakan lulus :)

      Hapus
  34. mba makasih tulisannya,,,,sangat membantu,,soal hitung2annya mendalam banget ga sih mba..
    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mbak semoga membantu,
      hitungannya bisa dilogikakan sebenarnya, pokoknya latihan soal cpns aj mbak biasanya mirip2 :)

      Hapus
  35. waw........ keyen kak. Pengen!!! hahah

    BalasHapus
  36. ia dong ini dah yang kesekian kalinya... hahah mantap kak

    BalasHapus
  37. kalo tinggi 180 berat 103, gmn mbak? bisa masuk ga tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak tahu mas, panitia punya kriteria kesehatan tersendiri. smgt! semoga lulus :)

      Hapus
  38. Terima kasih mba tulisannya sangat membantu. Tahun ini saya masuk cpns kemenkeu, saya ambil di kota makassar, tanggal 3 kemaren saya ujian TKD. Skor saya mba 308 TKW 75 TIU 80 TKP 153. Menurut mba bgmn? Apa saya bisa lolos le tahap selanjutnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara passing grade sudah memenuhi mas, tinggal berdoa semoga lolos ke tahap berikutnya :)
      makasi juga..

      Hapus
  39. Sangat menginspirasi bagi kami yang sedang berjuang untuk lulus di tahun ini,thks mba' dah mau nge sahre tulisannya,Semoga kami bisa mengikuti jejak mba' Aamiiiiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi mas :)
      semangat mas semoga lolos ya di kemenkeu!

      Hapus
  40. Apakah Psikotes 2014 bakal sama dengan 2013 yang lalu? Pakai CAT?

    BalasHapus
    Balasan
    1. psikotes tidak memakai sistem CAT. Sistem CAT hanya untuk TKD. Mengenai soal yang akan diujikan di 2014 saya tidak tahu mas, namun dapat berkaca pada pengalaman 2013 :)

      Hapus
  41. Trima ksh udh berbagi pengalamanny mba...membuat saya lbh optimis krn saya sdg menunggu detik2 pengumuman test CPNS TKD thn ini. Pengumuman akan diumumkan tgl 21 ini. Semoga Allah memberikan saya kesempatan utk menjadi abdi negara sprti mba...amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali mbak :)
      semoga lulus ya mbak jangan lupa kabari saya..

      Hapus
  42. Halooo Mbak, saya tahun ini pertama kalinya ikut cpns dan memilih Kemenkeu saya juga Dari FH Mbak hehehe,,, doain saya ya Mbak.... Minta tips gambar psikotes dong Mbak gambar saya hancur banget :(... Kemarin udah psikotes pasti terkendala di tes pohon dan orang ...makasih Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah kita sama2 dari FH :)
      kalau untuk gambar saya kurang tahu, soalnya beberapa rekan yang mengaku gambarnya jelek lulus aja tuh.
      jadi diri sendiri saja mas, latihan gambar dulu di rumah biar langsung tahu apa yang mau digambar.

      Hapus
  43. Dear Mba feby

    Aslm..

    Perkenalkan saya dedy, terima kasih sudah membuat tulisan yang sangat menginspirasi.Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan perihal seleksi kemenkeu...

    1. Apakah nilai TKD yang tinggi mempunyai dampak yang signifikan terhadap kelulusan tes hingga tahap akhir , saya peserta cpns kemenkeu 2014 dan alhamdulillah nilai TKD saya 355 tapi saya melihat banyak peserta yang scorenya tinggi- tinggi.


    2 ) Pada tahap psikotes untuk pertanyaan kelebihan dan kekurangan untuk point kekurangan, jawaban seperti apa yang tidak membuat kita seolah tidak kompeten karena memiliki kekurangan tersebut karena pada hakikatnya kita pasti memiliki kekurangan

    3. Pada tahap wawancara apakah pengalaman kerja kita harus linier dengan formasi yang kita lamar dan jadi pertimbangan interviewer ?..Jika pengalaman kerja di bank namun bukan di bagian keuangan apakah bisa jadi nilai tambah ...


    Terima kasih atas kesediaannya meluangkan waktu untuk menjawab.

    Salam hormat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wlkmslm mas dedy :)

      1. nilai TKD yang tinggi hanya akan meloloskan pada tahap TKD saja, artinya masuk ke tahap psikotes.Tidak ada hubungannya sampai tahap akhir setahu saya.

      2. saya tidak paham bagaimana psikolog menilai. Kalau saya mengakalinya dengan memberikan solusi atas setiap kekurangan2 saya.

      3. Tidak harus. Saya justru tidak memiliki pengalaman kerja. Di kuliah pun memiliki organisasi jurnalistik, tidak ada hubungannya dengan keuangan.

      Good luck!

      Hapus
    2. Dear mba feby,

      Terima kasih sudah menjawab pertanyaan saya, semoga saya bisa mengikuti jejak mba, lolos seleksi cpns 2014..^_^

      Hapus
  44. dear mbak febby

    amazing, salut untuk tulisan ini.

    salam kenal ya mbak, saya salah satu kandidat calon pns di lingkungan kemenkeu tahun 2014 nih, dan saya sudah mengikuti tes TKD di GKN Jogja. Alhamdulillah, nilai yang keluar lumayan, memenuhi passing grade setiap kompetensinya.

    Jadi sekarang saya lagi riset, mempersiapkan apa aja untuk psikotes, kalau2 saya lolos untuk psikotes nanti. eh, nemu deh tulisan mbak ini, jadi saya sangat terbantu. Terima kasih.

    Ada yang mau saya tanyain nih mbak, moga mbak febby berkenan untuk menjawab.

    Saat hari pengumuman yg lolos tes TKD dan akan ke tahap psikotes, apakah diminta pihak panitia untuk segera (1-2 hari setelah pengumuman keluar) untuk mengurus segala keperluannya? Atau range waktunya ditentukan agak lama? (4-5 hari mungkin)

    soalnya, pengumuman TKD itu tgl 21 okt dan saya ada trip ke banjarmasin tgl 25 okt krn tgl 26 okt saya ada keperluan. Saya khawatir pada saat saya berada/berangkat ke bjm itu berbarengan dengan keperluan untuk psikotes kemenkeu. Mohon arahannya.

    Terima kasih, sukses selalu ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi mbak, :)
      maaf banget baru dibalas setelah pengumuman keluar ;(
      gimana hasil TKD nya mbak?

      Hapus
    2. Your welcome, tapi ini mas-mas loh mbak :( hehehe

      yah, ternyata ga lanjut mbak, nilai 346 dgn perhitungan 11x3 gak masuk, entah deh ranking berapa, dan itu ternyata perhitungan seluruh lokasi ya. Dari 332 orang yang lolos TKD, cuma diambil 33 dan aku ga masuk. Yah, tetap semangattt. Hehehe

      Hapus
    3. 346 padahal tinggi ya. Saya tahun lalu 347.
      Oo mas mas rupanya.
      Gpp lah mas bukan dsni rezekinya.
      Semangat untuk menjemput rezeki yg lbh baik dan lbh cocok :)

      Hapus
  45. tulisannya membantu sekali,,makasih ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi mbak, maaf baru dibalas ^_^

      Hapus
    2. ia, gak papa mba.
      tahun lalu tes kesehatan dan kebugarannya gak ekstrim ya?semoga tahun ini juga tidak. #berharap.
      mba, pas wawancara ditanya juga gak tentang pengalaman baik dan buruk yang pernah kita isi waktu psikotes?harus samakah jawabnnya dengan saat psikotes??

      Hapus
  46. Terima kasih mbk, tulisannya sangat inspiratif.
    Mbk kalo boleh tau untuk tes psikotes tips apa aja agar lolos?
    Terus dr tes psikotes ini ada berapa persen peserta yang lolos u/tahap selanjutnya?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan

    1. tipsnya bljr menghitung cepat dan latih menggambar, pahami kekurangan dan kelebihan.
      sepertinya aturan tahun ini ebrbeda setiap tahun mbak, kalau saya dl dari KP 03 (hukum) dari sekitar 1900 yg psikotes, maju ke tahap selanjutnya 455 orang..
      semoga tulisan ini membantu :)

      Hapus
  47. assalamualaikum
    sy mail dari Makassar. .
    Membaca tulisan dari mba' seolah lagi nonton film korea andalan (happy n great Ending) hehe. . .
    Alhamdulillah tahun ini saya lolos ke tahap psikotest. . .
    banyak pelajaran sy dapat dari blog ta'. . .
    maaf mba sy mau bertanya ?

    1. Waktu tes warteg mba dapat inspirasi menggambar dari internet ato murni imajinasi (soalnya gambarnya great banget! apalagi y bunga...(7) ? (Balas di emailmi kalau rahasia, nda kunyontekji sekedar tambah wawasan) hehe
    2. Apakah tes pauli dan kreplin nya berdekatan?
    3. mengenai menggambar pohon manusia bisa minta pencerahan ga mba?

    kalo mau private kirim aja di (maillelakisabiji@gmail.com)

    Saluut ya mba. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. tidak ada yg private, karena saya bukan psikolog :D
      saya tidak meniru gambar di internet, saya ingin jd diri sndiri hehehe. imajinasikan saja mbak, saya juga gak habis pikir kenapa memasukkan gambar "mainan tembak2kan" -_-

      2. tes pauli saja

      3. saya tidak punya tips khusus krn saya jg tidak tahu bagaimana psikolog menilai. saya hanya menggambar jelas dan lengkap bagian2nya :)

      semoga sukses!

      Hapus
  48. Mba saya mau nanyak yang tes psikotes untuk soal matimatika dasarnya apa hanya sebatas +-×÷ saja, atau ada soal pecahan, kuadrat, desimal, aritmatika,dan soal ceritany juga? Dan apakah dlm tes psikotes ada soal antonim/sinonim kataany? Tlong dijawab ya mba, terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tidak salah hanya hitung2ngan ringan namun membutuhkan kecepatan dan ketelitian.
      sepertinya tidak ada sinonim antonim namun soal bisa saja berubah :)
      sukses mas!

      Hapus
  49. Thanks ya mba atas info dan segudang pengalamannya, mba membuat saya merasa termotivasi. saya sangat setuju kata-kata terakhir bahsa "aku harus lulus" ga boleh jadi pacuan utama.
    tapi berusaha sebaik dan semaksimal mungkin pasti membuahkan hasil.
    mudah-mudahan saya menguikuti jejak mba yaa, amiiin ya allah amiiin.


    salam, dari Rita Tangerang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi kembali mbak sudah meluangkan waktu untuk mengirim komentar,'semoga sukses ya tesnya :)
      kabar2ri saya mengenai hasil tesnya nanti..

      Hapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. pengalamannya sangat mengesankan mbak,,,,,,,,
    mbak untuk tes paulinya berapa waktu yang diberikan kepada peserta hingga pengawas mengatakan "garis " terus waktunya sama gak dari garis ke garis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ilham ;)
      Saya tdk ingat brp lama wktunya krn saya konsen mengerjakan scpt mgkn.
      Waktu dr garis k garis sama.
      Smgt!

      Hapus
    2. Setau mbak gimana sistem penilaian psikotesnya, apakah total nilai akumulasi atau nilai tiap soal kayak TKD ?

      Hapus
    3. Saya tdk kompeten untuk menjawab mas :p

      Hapus
  52. terima kasih atas info dan sharing pengalamannya, mba. semoga saya juga bisa mengikuti jejak sukses mba jadi CPNS Kemenkeu. amin.

    BalasHapus
  53. Mbak, untuk tes pauli katanya tiap 2 menit disuruh garis. Apa kita pindah kolom tiap 2 menit atau dalam 2 menit kita bisa mengerjakan beberapa kolom? Kalau kraeplin itu kn tiap 10 detik dikasih instruksi pindah kolom, jadi tiap peserta pindah kolom bersamaan & tidak ada tambah kertas
    Terimakasih
    Balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan kertas ada.
      Kl disebut garis maka kerjakan angka yg dibawah garis, bukan di kolom sebelahnya.
      Semangat mas toni! ;)

      Hapus
    2. Alhamdulillah besok tes kesehatan. Pas diperiksa dokter, diperiksa apa aja mbak? Apa cuma cek buta warna, berat, tinggi? Cewek cowok sama sprti itu? Utk penyakit2 ditanyakan nggak?

      Hapus
  54. mba mau tanya klo tes gambar itu dikasih waktu berapa lama yah untuk gbr orang dan pohon sama wartegnya? makasih atas jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tdk ingat brp lama wktunya. Nnti akan diberitahu panitia. Jgn lp berlatih agar lgsg mengetahui apa yg akan digambar ;)
      Smgt mas zainal!

      Hapus
  55. maaf,mba, mau nanya lg, apa ada soal-soal cerita (matematika)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal matematikanya simpel. Lbh gampang drpd TKD tetapi butuh kecepatan dan ketelitian.
      Smgt ya! :)

      Hapus
  56. makasi infonya mbak dan sangat membantu sekali,, saya juga melamar d kemenkeu 2014, dan udah lulus TKD, selanjutnya psikotes mudah2 an lulus aminn,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mas. Semoga sukses. Kabari saya hasil tes nya ;)

      Hapus
  57. maaf mbak mau nanya klo buta warna parsial di perbolehkan mengikuti tes kebugaran nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tdk kompeten untuk menjawab nya. Kl untuk mengikuti, tentu saja boleh ;) semangat mas. Kabari saya mengenai hasilnya nanti. Sukses!

      Hapus
    2. iya mbak doakan saya menyusul mbak di kemenkeu amin

      tes kesehatan yang diperiksa apa saja mbak?
      apakah seperti perusahaan swasta yang diperiksa meliputi ambeien, keseimbangan dll

      Hapus
    3. sewaktu saya tes kesehatan, yg diperiksa hanya yg saya ceritakan dalam blog ini, tetapi tes kesehatan angkatan sebelum saya lebih detil meliputi ambeien dll.

      sukses!

      Hapus
  58. mbak,,,kalo umur udh 25 kan otomatis dah kerja...dan skrg saya udh kerja....saya hrus jawab jujur masih kerja or hrs bhong dan kira2 yang ditanyain tentang kerja apa ya...bukane yg dipertimbangkan yang aktif berorganisasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah punya pengalaman kerja biasanya pertanyaan seputar pengalaman kerja :D
      saya tidak bilang yg dipertimbangkan adalah yg berorganisasi.

      semangat mbak! :)

      Hapus
  59. Hallo para pembaca, mohon maaf tanggal 11 - 21 November 2014 tidak bisa membalas komentar karena saya DTU (alat komunikasi tidak aktif).

    Semangat buat tesnya! ;)

    BalasHapus
  60. Kak, katanya ada medical checkup lagi setelah resmi jadi pns? Apakah itu benar kak? Terimakasih assalamualaikum.

    BalasHapus
  61. Mba, saya mau tanya.
    Ada teman yang jurusan teknik sipil di kemenkeu mba?
    kira-kira di kemenkeu jurusan teknik sipil ngerjain apa aja ya mbak?
    any special assignment?
    makasih mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru dibalas mas aang. Saya kurang tau. Semangat tesnya mas ;)

      Hapus
  62. Salam kenal ya mba. Saya mau tanya niy mba .. Kalo sedang magang apa di gaji juga per bulannya? Atau di rapel setelah prajab? Dan SK diterima kapan ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru dibalas mbak. Selama magang diberi uang tunggu 900rb. Sisanya dirapel. SK CPNS diterima biasanya setelah prajab ;)

      Hapus
  63. Salam kenal mbak Febby. Saya punya 3 pertanyaan nih...

    Pertama, bagi wanita yang belum menikah, apakah nanti ada kemungkinan bakal ditempatkan di luar asal domisilinya? (Misalnya saya dari Jatim, ditempatkan di Banten atau Jabar,, atau bahkan di luar pulau).

    Kedua, waktu penempatan dilaksanakan sesaat setelah OJT atau setelah SK diterima?

    Ketiga, apakah sebelum SK diterima, para calon PNS diperbolehkan menikah?

    Terima kasih sebelumnya mbak. Smoga semakin sukses dalam karirnya mbak Febby :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak maaf br dbls..
      1. kita dsruh ttd perjanjian brsedia dtempatkan seluruh indo mbak jd hrs siap ;)
      2. Penempatan 2014 setelah prajab.
      3. Boleh menikah.
      srmagt mbak ;)

      Hapus
  64. salam kenal uni, saya sufi dari unand juga, sekarang lagi menunggu pngumuman psikotes. Trimakasi untuk tulisannya uni, semoga saya juga bisa mengabdi di kemenkeu seperti uni.

    BalasHapus
  65. salam kenal mbak febby, saya wulan dari jakarta..
    saya ingin bertanya :

    1. setelah dilakukan pemberkasan dan melapor ke unit masing2, apakah setelah itu langsung penempatan dan mulai training ?

    2. apakah ada jeda waktu antara setelah pemberkasan dan mulai training ? dikarenakan saya sudah bekerja dan untuk resign dari tempat saya bekerja harus 1 bulan sebelumnya.

    terima kasih sebelumnya, semoga mbak febby segera menjawab pertanyaan saya. semakin sukses yaa kedepannya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbk wulan.
      Stlh pemberkasan kmrn saya lgsg magang dan OJT. Training atau diklat dilaksanakan setelah penempatan. Semangat mbak ;)

      Hapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  67. mbak apa untuk pemeriksaan telinga ada juga? klo dr yg mbak ceritakan emang gada tp dr sumber lain kog malah menyebutkan ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kmrn tdk diperiksa telinga. Mungkin itu peserta sebelum saya. Sap2 aj mgkn metode tes kesehatannya berbeda. Smngt yaa ;)

      Hapus
    2. terimakasih mbak. doakan lulus bisa ngikutin jejak mbak febby.amin

      Hapus
  68. Terimakasih mbk, insya Allah bermanfaat. :)

    BalasHapus
  69. Mba febby mohon maaf mau tanya lg ya... Yg dirapel itu gaji pokoknya saja atau dgn tunjangannya? Apa selama kita magang itu sudah ada tunjangannya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg dirapel gaji pokok dan tunjangan sejak magang ;)

      Hapus
  70. Oiya mba febby, habis pengumuman tkk dan wawancara itu kan pemberkasan,.stelah itu apa ada lg pengumuman yg lolos pemberkasan?


    Apa yg sudah lolos di tkk dan wawancara pasti lolos pemberkasan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemberkasan untuk melihat kelengkapan dan keaslian dokumen saja. Kmudian ijazah akan ditahan 5 tahun ;)

      Hapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  72. Mba saya ingin tanya, di pemberkasan itu masih di seleksi juga (ada yg lulus dan tidak)? Atau hanya cek kelengkan berkas saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat ya mas. Selamat bergabung! ;)

      Pemberkasan hanya cek kelengkapan.

      Hapus
  73. Assalamualaikum mba febby,

    Alhamdulillah saya sudah sampai tahap pemberkasan mba, ada yg ingin saya tanyakan mba.

    1. Ijazah yg diperlukan yg harus dilegalisir itu ijazah dr SD atau ijazah terakhir saja mba ?

    2. Apakah perlu surat keterangan akreditasi kampus mba ?

    3. Perlu akta kelahiran yg sudah di legalisir ga mba ?

    Hhehe mohon di jawab ya mba . Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhmdlh selamat y mbak.
      saya agak lupa mbak. Seingat saya yg perlu d legalisir itu ijazah trkhr. Akta kelahiran dan ijazah sekolah tdk perlu yg legalisir.
      kl akreditasi saya lupa tp persiapkan saja ;)

      Slmt bergabung!

      Hapus
  74. Assmlkm,,,, trima kasih mbak tulisan ini sangat bermanfaat dan menginspirasi. Syukur alhmdlh istri sy ditrima di ditjen perbendaharaan utk jabatan analis anggaran, berawal dr iseng baca2 blog ini mjd lbh tau tentang proses seleksi yg akn dihadapi. Ada yg ingin sy tanyakan mbak, apakah bisa mutasi antar ditjen slth mjd PNS?? Misal dr pajak ke perbendaharaan atau sebaliknya. Trima kasih mbk febby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wslm. Waah selamat ya buat istri mas. Semoga sukses :)
      Setau saya tdk bs mas kcuali ada lowongan terbuka untuk DJP dari unit lain. Tp itu hampir tdk ada. Kl k unit d luar DJP saya tdk tau.

      Hapus
  75. Aslkm kak..
    Saya nanda..
    Alhamdulillah lulus di DJP tes cpns kemenkeu thn ini..
    Tggl 6 ini sy pemberkasan..tgl 14 orientasi dan 28s/d29 laporan di unit krj masing2..
    Kbtln sy asal aceh..
    Saya mw nanya, dr pengalaman kakak thn lalu, dmn unit krj t4 qta melapor nanti? Krn asal saya jauh dr jakarta..jd sy harus lbh banyak persiapan ditempat yg jauh..
    Terus dgn kondisi sy yg hamil 4 bulan apa ada hambatan pd saat magang??
    Dan saat tes sy memilih lokasi tesnya di medan, apa sy akan magang disana nanti? Trimakasih bnyk bantuan informasinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wlkmslm mbak nanda. Waahh selamat yaa.. sblm magang akan diberikan 3 pilihan lokasi magang. Biasanya untuk wanita yg sudah menikah akn didekatkan dengan homebase. Berdoa sj y mbak, mudah22h rezeki si kecil ;)

      Kalau hambatan saya rasa trgntg msg2, mdh2hn brjalan lancar.

      Hapus
  76. Makasih ya mba,blog dan infonya sgt bermanfaat. Untuk pemberkasan harus ngelampirin kartu kuning dari depnaker juga mba??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kmrn sih tdk perlu tp tetap saya siapkan ;)

      Selamat atas kelulusannya..

      Hapus
  77. Selamat siang, mba.
    Saya mau tanya.
    Setelah pemberkasan dan orientasi, adakah file" atau berkas yg perlu disiapkan lagi untuk melapor ke unit masing"?
    Mohon balasannya
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk melapor k unit msg2 kl tdk salah hanya surat tugas (saya lupa). Orientasi dan OJT dilakukan d unit msg2. D pusat hanya pemberkasan. Selamat bergabung :)

      Hapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  79. Haii mbak..
    Thanks udh berbagi pengalaman :)
    Sy mau tanya mbak, stelah melapor ke unit yg dilakukan selanjutnya apa ya? Apa ada diklat atau lgsung magang mbak?
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru dibalas mbak. Selamat ya atas kelulusannya ;)
      Setelah melapor k unit magang akan ada orientasi dan ojt. Setelah itu prajab dan dtsd ;)

      Hapus
  80. mbak, sya di terima di DJP
    sya mw tnya:
    berapa lama magang di DJP?
    berapa lama training stlah pnempatan?
    apakah slama training, kita akan dilatih sperti militer?
    kita mendapat uang jajan 900rb slama berapa lama?
    selama training di daerah lain apakah di sediakan fasilitas kost dan makan?

    maaf saya banyak tanya
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru dibalas. Selamat ya mas. ;)
      Jawabannya akan diberitahukan nnti oleh djp.
      sekedar berbagi, saya orientasi + ojt 4 bulan. Setelah itu prajab 3 minggu, dtu 10 hari dan dtsd kira2 1,5 bulan. Ketika prajab dan dtu akan dilatih kopassus. Ketika dtsd akan ditemani kopassus. Selama training diberikan fasilitas kos. Untuk lbh lengkapnya akan saya buat tulisan ttg ini. Kl sudah jd saya share.

      Hapus
  81. Selamat ya mbak...
    Mkasihh ya mbak dah mau berbagi pngalaman.. Sangat bermanfaat sekali buat aku...
    Alhamdullilah aku juga lolos di sekjen ..
    Kalo boleh tau... Mbak mulai orientasi kerja tgl brapa ya???
    Mkasihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa orientasi tergantung unit eselon I nya :)

      selamat ya mbak lulus kemenkeu :)

      Hapus
    2. Oh gtu ya mb..
      Iya mkasihh mbak..
      Lo magang nya jga tergantung eselon I ya mbak??????

      Hapus
  82. assalamualaikum kak feby.. saya widia.. saya juga berasal dr sumbar. alhamdulillah saya juga lolos di bppk kemenkeu tahun ini.. boleh share dong kak pengalaman kakak selama menjalani amsa orientasi, ojt, prajab dll.. biar ada gambaran nih.. makasih kak.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam uni, selamat yah atas kelulusannya.
      waahh orientasi dan ojt itu tergantung unit eselon I masing2 jd berbeda.
      saya ingin menulis pengalaman prajab tp blm sempat, hehe :)

      sukses yah di bppk!

      Hapus


  83. Saya Honor Di Sekolah Dasar MEDAN 9 thn dn ikut ujian tes CPNS 2x tapi gagal.Berkat bantuang bpk.Drs.JUNAIDI SH M,SI di BKN pusat jakarta alhamdu lillah SK saya sudah keluar bagi teman2 yg sering gagal minta bantuang pak JUNAIDI Tpn. 085262086111 siapa tau masi bisa membantu anda

    BalasHapus
  84. Kaa mau tanya klo SK nya keluar stelah magang atau stelah prajab ya? Dan itu diambil nya ke masing2 bag.kepegawaian di ditjen nya masing2 atau ke BKN nya ya? Oiya klo prajab itu dibagi ke bbrp angkatan atau lgsg disekaliguskan kaa? Mohon pencerahannya. Thx kaa ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. SK PNS setelah 1 tahun, akan dikirimkan ke kantor kita. Kalau prajab 1 angkatan tapi lokasinya dibagi karena terlalu banyak. selamat bergabung di kemenkeu ^^

      Hapus
  85. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  86. penempatan kerja sesuai domisili? brp lama dr tahap tes sampai diterima? setelah dinyatakan lulus prajab brp lama? tes sesuai domisili juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penempatan kerja tidak harus sama dengan domisili karena kita sudah menandatangani perjanjian bersedia ditempatkan dimana saja :)
      Jangka waktu diterima kemenkeu s.d penempatan berbeda tiap angkatan.

      Hapus
  87. halo kak. saya mau tanya. apakah kita harus update berita-berita di website resmi Kemenkeu untuk dapat menjawab tes tertulis dan wawancara? terima kasih kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa tidak demikian. Tp tak ada salahnya membuka wesite kemenkeu. ;)

      Hapus
  88. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  89. Ka mau tanya, tes kesehatannya klo periksa gigi gk soalnya saya lagi pasang bracket dan juga saya ada amandel .insya Allah klo tahun depan cpns kemenkeu buka saya mau ikut daftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diperiksa dek.. menurutku sih gak masalah pakai behel karena banyak juga yang pakai.. sukses ya :)

      Hapus
    2. Yang pakai behel lulus juga ka?klo amandel gmna ka?
      Untuk lulusan D3 apa banyak juga yg lulus ka?

      Hapus
    3. Yang pakai behel lulus juga ka?klo amandel gmna ka?
      Untuk lulusan D3 apa banyak juga yg lulus ka?

      Hapus
    4. Yang pakai behel lulus juga ka?klo amandel gmna ka?
      Untuk lulusan D3 apa banyak juga yg lulus ka?

      Hapus
    5. Behel g masalah..kl amandel aku kurang tau.. dicoba dl aj ;) hmm banyak jg kok dr d3.. semangat ya!

      Hapus
  90. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  91. Assalamualaikum,
    seru sekali membaca pengalaman kakak dari mulai ikut tes hingga akhirnya lulus.
    kak, di sini saya mau tnya untuk soal2 nya kakak dapat dari internet atau beli buku khusus gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Senang sekali mba ayu iku ikut meramaikan blog ini. Aku beli buku random aja sih di Gramedia, soal tes CPNS. Sukses yah :)

      Hapus
  92. Salam kenal mbak, apa benar utk cpns wanita yg sdh menikah akan ditempatkan di homebase? Dan apa berlaku utk semua instansi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba. Salam kenal juga. Belum tentu, banyak juga rekan2 yg LDM dengan keluarganya. Sukses untuk tes nya mba. :)

      Hapus
  93. Assalamualaikum ka, aku mau tanya untuk masalah tes kesehatan untuk mata minus dan silinder ini bermasalah atau ga yah ka?? Terimakasih ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wlkmslm mba Anggia. Silahkan dicoba saja dulu, karena banyak juga pegawai yang bermata minus. Semoga sukses :)

      Hapus
  94. Selamat sore,
    Sekarang banyak formasi yang dibuka, dan kita hanya bisa memilih satu formasi.
    Untuk seleksi kali ini formasi yang paling diminati/paling banyak pelamar kementrian keuangan apa ya.?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore mas indra,
      saya bukan panitia rekrutmen mas, hanya berbagi kisah sewaktu melamar CPNS saja, jadi tidak bisa menjawab pertanyaan tsb.

      Sukses untuk tesnya, semoga lolos :)

      Hapus
    2. Selamat sore. Salam kenal saya peserta rekrutmen 2013, kebetulan blm pernah berkecimpung dlm kepanitiaan penerimaan CPNS, jd blm dpt menjawab pertanyaannya.. semoga sukses dan berhasil :)

      Hapus
  95. Salam..
    Terima kasih mba buat sharingnya, saya selalu excited tiap baca pengalaman ikut seleksi CPNS Kemenkeu.
    Salam kenal mba, saya peserta CPNS Kemenkeu 2017, saat ini sedang menunggu pengumuman hasil psikotest. Semoga lolos dan terus lolos sampe tahap akhir :)
    Begini mba, meskipun belum pasti saya lolos tidaknya, tapi ini mau prepare aja buat nulis kegagalan kesuksesan kelebihan sama kekurangan untuk kebutuhan wawancara, jadi mau tanya terkait tulisan itu apakah isinya kita tulis cuma poin-poinnya saja atau ditulis panjang lebar kayak essay?
    Trmksh sebelumnya :)

    BalasHapus