Blue Fire Pointer AIRPLANE IN THE SKY: Teruntuk Blogger

Senin, 12 Desember 2016

Teruntuk Blogger

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah memasuki era digital. Trend kenaikan jumlah pengguna internet terjadi serentak di berbagai negara, Indonesia salah satunya. Berdasarkan hasil survey Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) bekerjasama dengan Pusat Kajian Komuniasi (Pusakom) UI, jumlah pengguna internet di Indonesia menyentuh angka 88,1 juta pada tahun 2014. Dua tahun berselang, pada tahun 2016 jumlah ini naik drastis ke angka 132,7 juta. Adapun total penduduk Indonesia adalah sebanyak 256,2 juta orang.

Kenaikan jumlah pengguna internet berimbas pada kenaikan jumlah pengguna media sosial. Salah satu bentuk media sosial adalah blog. Jumlah blogger (penulis blog) di tahun 2015 sekitar 3 juta. Jumlah ini memang terbilang kecil dibandingkan pengguna facebook yang mencapai 82 juta dan pengguna twitter yang mencapai 50 juta. Kendati demikian, blog tidak kehilangan eksistensinya. Blog masih mendapatkan tempat tersendiri bagi penggemarnya.

Blog berisi rentetan tulisan yang terkadang diselingi gambar. Genre tulisan sangat beragam mulai dari pendidikan, sejarah, wisata, kuliner, kecantikan, isu sosial, dan berbagai tema lainnya yang membuat pilihan pembaca menjadi lebih variatif. Hal ini juga karena penulisnya berasal dari berbagai latar belakang minat, profesi, maupun usia yang berbeda.

Semakin lama blogger semakin kreatif dalam mengekspresikan karyanya. Namun beberapa blogger mempunyai kekurangan antara lain:
  1. Tulisan terkungkung pada kisah pribadi penulisnya. Ada ketidakmampuan penulis untuk berimajinasi lebih jauh dan lebih dalam.
  2. Tulisan tidak bersifat kompetitif. Tidak dapat diukur seberapa pantas sebuah tulisan untuk bersaing di kolom media massa.
  3. Tulisan lepas dibuat tanpa disaring terlebih dahulu oleh redaktur, sehingga lebih rentan terhadap konten informasi yang tidak akurat, tidak kredibel, dan potensi pelanggaran hukum.
  4. Tidak ada batasan waktu untuk menulis sehingga blogger memiliki kesempatan untuk alpa menulis.
Masukan untuk blogger (termasuk saya sendiri):
  1. Tidak masalah menulis apapun sesuai minat, namun tidak ada salahnya juga menulis di luar kebiasaan. Misalnya bagi kamu yang hobi menulis cerpen, cobalah sesekali menulis opini/artikel. Bacalah isu-isu terbaru, rangkum, beri pandangan, kritisi, dan sampaikan solusi.
  2. Ikuti lomba menulis. Bukan soal menang atau kalah, tetapi lebih kepada belajar bagaimana agar tulisanmu naik kelas.
  3. Kirimkan tulisanmu ke media massa agar kamu paham kualitas dan konten seperti apa yang bisa lolos dari tangan redaktur hingga namamu terpampang dengan bangga sebagai penulisnya.
  4. Pahami etika dan aturan hukum terkait agar tidak terjadi “pembredelan” terhadap tulisanmu dan tentunya kamu selamat dari jeratan hukum.
  5. Jadikan menulis sebagai sebuah kebiasaan. Berilah target yang jelas namun jangan terlalu terpaku pada jadwal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar