Blue Fire Pointer AIRPLANE IN THE SKY: Roy Suryo di Pekan IT

Rabu, 27 Februari 2013

Roy Suryo di Pekan IT



Teknologi informasi merupakan hal yang sangat penting di era modern ini. Sebagai rangkaian agenda tahunan, AgITC (Agricultural Information Technology Club) mengadakan Pekan IT. Acara ini bertajuk “IT For Everyone”. Dalam rangkaian agenda ini salah satunya adalah seminar nasional IT. Ketua Pelaksana Pekan IT, Yogi Fernandes, dalam kata sambutannya berkata “Seminar nasional IT adalah kali pertama yang diadakan oleh AgITC, mudah-mudahan bukan menjadi yang terakhir.” Wakil Dekan III Fakultas Pertanian, Dr. Ir.Aprisal, M.P, membuka acara ini pada pukul 10.15 WIB. “Pekan IT sebagai pembuka Dies Natalies Fakultas Pertanian pada 28 November 2012. IT sangat diperlukan sebagai perangkat dalam bidang pertanian. Dengan IT para investor akan cepat tau potensi-potensi dari suatu daerah,” ujar Aprisal.
Pemateri seminar nasional terdiri dari 3 orang yaitu pertama Roy Suryo, Pakar Telematika dan Anggota DPR, selain itu ada Buchari Bachtiar, Ketua HPMI Sumbar, terakhir ada Faradhika, CEO Tokotaki (toko online). Pemateri yang pertama tiba dan turut menghadiri acara pembukaan adalah Roy Suryo.
“IT bisa memecahkan masalah sekaligus membuka masalah,” ujar Roy Suryo. Beliau mencontohkan Angelina Sondak (Angie), rekannya di DPR. Saat ditanya hakim, Angie mengaku tidak punya Black Berry (BB), namun Roy Suryo menemukan foto Angie tahun 2009 dengan BB-nya. IT tidak bisa berbohong. Roy Suryo juga memaparkan mengenai Program Legislasi Nasional, salah satunya pembuatan RUU Tindak Pidana Teknologi Informasi. UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang ada sekarang belum dapat mengakomodir berbagai kasus yang terjadi, misalnya kasus Prita vs RS Omni International. Pemilik akun palsu seperti ‘sms mama’, ‘sms minta pulsa’, content provider ‘nakal’, dan sejenisnya akan bisa dikenakan jeratan hukum.
Tak hanya menjamah ranah hukum, Roy Suryo juga memaparkan beberapa gambar manipulasi gambar dan video. Misal foto setengah bugil Sandra Dewi, seorang artis, yang merupakan hasil editan dari pihak yang tak bertanggungjawab kemudian diedarkan di dunia maya. Mengenai manipulasi video, Roy Suryo memperlihatkan kepada peserta bagaimana proses shooting film Titanic bahwa Jack dan Rose tidak pernah berada di ujung kapal di tengah lautan di mana adegan tersebut menjadi ciri khas film Titanic. Tayangan video ini disambut gelak tawa peserta seminar.
Selain seminar nasional IT, rangkaian acara lainnya adalah Temu Komunitas IT, Lomba Poster, Workshop e-commerce, IT Goes To School, dan bazar. Acara ini ditutup pada tanggal 10 November 2012. Semoga sukses! FEBBY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar