Blue Fire Pointer AIRPLANE IN THE SKY: Generasi Baru Genta Andalas 2012

Sabtu, 06 Oktober 2012

Generasi Baru Genta Andalas 2012



Dunia kampus tak hanya dijadikan sebagai tempat untuk melanjutkan tingkat pendidikan namun  juga  sebagai tempat untuk melatih kemampuan diri dalam berorganisasi. Salah satu organisasi di Unand adalah Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Genta Andalas. Pada bulan Februari silam Genta Andalas membuka Open Recruitment (OR). Lebih dari 70 orang mendaftar dan kini hanya tersisa 27 orang calon anggota. Mereka telah melewati seleksi administrasi, tes wawancara dan tertulis, pembekalan, pra inisiasi, inisiasi, magang divisi, Genta Antara, penampilan BAKTI universitas, berbagai kegiatan yang diselenggarakan Genta Andalas.
Malam tanggal 17 September 2012 adalah malam yang menentukan nasib rekan-rekan peserta OR. Calon anggota dipanggil satu persatu untuk mendengarkan pengumuman dari pengurus. Dari 27 orang yang mengikuti proses selama 7 bulan, 24 orang dinyatakan layak dilantik. Tangisan menemani larutnya malam.
            Pelantikan dilaksanakan tanggal 21-23 September 2012. Tiga hari menjelang pelantikan, para calon anggota dibagi dalam 5 kelompok. Setiap kelompok diwajibkan membuat sebuah liputan. Selain membuat liputan, mereka juga diwajibkan membuat yel-yel serta menyiapkan beberapa perlengkapan pribadi dan kelompok untuk pelantikan. Kekompakan tim sangat diuji.
            Pada tanggal 21 September, calon anggota berkumpul di PKM. Mereka membawakan sebuah drama komedi yang diperankan oleh seluruh calon anggota. Eka Ananda Putri yang berperan sebagai Siti Eka Nurbaya beserta rekan-rekannya berhasil menimbulkan gelak tawa para penonton di PKM. Pukul 22.00 WIB, mereka diperkenankan beristirahat di Mushola PKM hingga subuh.
            Pada tanggal 22 September 2012, calon anggota, pengurus, dewan redaksi, dan alumni menuju tempat pelantikan yaitu Lubuk Tampuruang dengan menaiki bus kampus. Selama perjalanan tampak suasana kekeluargaan yang ditunjukkan dengan menyanyi bersama. Sesampainya di tempat tujuan, rombongan harus berjalan lagi karena medan tersebut tidak dapat ditempuh dengan bus. Kemudian rombongan mendirikan tenda.
            Sekitar pukul 13.00 WIB hujan menancap bumi dengan lebatnya sehingga jadwal untuk games diundur. Pukul 15.30 games dimulai. Games dipersiapkan untuk 3 posko. Para peserta diberi medan yang cukup terjal sehingga perlu menggunakan tali tambang untuk menuruni bukit. Malamnya, ada 4 calon anggota yang tersesat dalam mencari jalan ke perkemahan. Untungnya panitia dapat menemukan mereka. Suasana yang sempat mencekam kembali pulih. Pukul 20.00 WIB calon anggota memaparkan hasil liputannya dan panitia memberi komentar dan saran.
            Pada tanggal 23 September 2012 sekitar pukul 00.00 WIB, peserta dipanggil satu-persatu dari tenda untuk mengikuti uji kesungguhan sekaligus sharing dengan pengurus, dewan redaksi, dan alumni. Hingga tibalah saat yang dinanti-nanti sekitar pukul 11.00 yaitu pelantikan. Calon anggota melawan arus air terjun dengan bermodal seikat tali tambang. Setibanya di kolam atas, mereka antri satu-persatu berendam di air dan kemudian mencium bendera Genta Andalas. Ini merupakan tradisi tahunan pelantikan anggota Genta Andalas.
            Saat Fitria Lonanda selaku ketua OR mengucapkan kata sambutan, terbit air mata kebahagiaannya karena telah selesai mengemban tugas berat untuk melahirkan generasi Genta Andalas yang lebih baik. Melihat Fitria Lonanda atau yang biasa disapa Ichi ini menangis, beberapa peserta pun larut dalam keharuan. Setelah pembacaan Surat Keputusan Pelantikan Anggota Genta Andalas oleh Pemimpin Umum, David Oliver Purba, maka secara resmi peserta OR telah resmi menjadi anggota. Pelantikan disudahi dengan bersalam-salaman. FEBBY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar