Blue Fire Pointer AIRPLANE IN THE SKY: I'm Lawyer

Rabu, 10 Agustus 2016

I'm Lawyer



Angin resuffle menteri berhembus sampai ke Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi. Rupanya tak hanya menteri, perubahan susunan ini juga dialami oleh beberapa pelaksana yang namanya tersebut pada lajur 2 dalam daftar lampiran Keputusan Kepala Kanwil DJP. Mutasi internal menciptakan sensasi galau bercampur senang. Dua tahun bukan waktu yang  singkat untuk meninggalkan sebuah bidang yang telah mendidik saya sejak pertama kali penempatan.

Akhir Juli 2014 merupakan awal bagi seorang gadis pemalu memasuki sebuah ruangan sempit bernama Bidang Kerjasama, Ekstensifikasi, dan Penilaian*. Ditempatkan di Seksi Bimbingan Ekstensifikasi Perpajakan**, membuatnya belajar prinsip keadilan, bahwa setiap Wajib Pajak yang telah memenuhi syarat subjektif dan objektif wajib mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP sebagaimana termaktub dalam UU Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Namun tidak semua Wajib Pajak memahami dan menyadari kewajiban tersebut sehingga upaya proaktif dari fiskus sangat berperan untuk menjaring Wajib Pajak baru. Bapak Ambar Arum Ari Mulyo, Kepala Seksi Bimbingan Ekstensifikasi Perpajakan dengan sabar memberikan pengarahan kepada pelaksana barunya tersebut sesuai tupoksinya. 

Dua tahun berjalan sampai keluar keputusan mutasi. Semoga di subbagian yang baru, seorang sarjana hukum berusia 24 tahun ini mampu mengaplikasikan ilmu perkuliahannya. Terima kasih atas pengalamannya Seksi Bimbingan Ekstensifikasi. Selamat datang di SubBagian Bantuan Hukum, Pelaporan, dan Kepatuhan Internal.
Mulai hari ini, saya “pengacara”, bukan untuk menang di pengadilan, tapi untuk menegakkan hak-hak negara. 

* Setelah perubahan nomenklatur menjadi Bidang Pendaftaran, Ekstensifikasi, dan Penilaian
** Setelah perubahan nomenklatur menjadi Seksi Bimbingan Ekstensifikasi 

Catatan
Selamat berjuang di Bidang PEP buat:

  1. Pak Wiratmoko
  2. Pak Ambar Arum Ari Mulyo
  3. Pak Novadri
  4. Bu Palupi Dwi Kartikasari
  5. Mas Julius Djoko Budiarto
  6. Mas Daryono
  7. Mas Bambang Dwi Choirum
  8. Mbak Rika Erlina Imadasari
  9. Kak Helsa Novita
  10. Kak Dini Nurramdani (baru mutasi)
  11. Kak Annisa Arifka Sari (baru mutasi)

2 komentar: