Blue Fire Pointer AIRPLANE IN THE SKY: Sebaik-Baiknya Wanita Sholat di Rumah atau Mesjid?

Jumat, 10 Juli 2015

Sebaik-Baiknya Wanita Sholat di Rumah atau Mesjid?

sumber gambar bharatmonuments.com

Sabda Rasulullah SAW:
 “Solat di kamarmu lebih utama daripada shalat di rumahmu. Solat di rumahmu lebih utama daripada solat di masjid kaummu” (Hadis Riwayat Ibnu Khuzaimah);
"Jangan kamu menegah kaum wanita ke masjid-masjid, dan (solat mereka di) rumah-rumah mereka adalah lebih baik". (Hadis Riwayat Abu Daud, Kitabus Solah).

            Menurut Muslimah, M.Ag, pemateri ceramah pagi (10/7/2015) di Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi, untuk memaknai suatu hadis jangan hanya melihat dari segi tekstual, tetapi juga pertimbangan sejarah. Pada saat hadis tersebut disabdakan oleh Rasulullah SAW, keberadaan wanita di luar rumah dalam kondisi tidak aman. Saat itu wanita harus menutupi tubuhnya kecuali hanya mata yang dapat dinampakkan. Maka untuk melindungi kaum wanita, keluarlah hadis bahwa wanita sebaiknya sholat di rumah.

Selain itu, pada masa tersebut, semangat beribadah umat Islam sangat menggebu-gebu. Jika adzan Subuh pukul 05.00, maka pukul 04.00 jamaah sudah tiba. Jika semua penduduk bepergian ke mesjid maka tidak ada lagi yang menjaga rumah dan anak-anak di rumah. Untuk itu hadis tersebut juga dimaksudkan untuk meredam gebu semangat tersebut.


Solat berjamaah menjadi lebih utama karena mendapat bonus pahala 27 derajat. Namun dengan berbagai pertimbangan, tentunya seorang wanita dapat memilih apakah lebih baik solat di mesjid atau di rumah. Jika merasa lebih tentram dan khusuk di mesjid, maka solatlah di mesjid. Namun jika merasa lebih aman di rumah, maka solatlah di rumah. Dalam beribadah hendaknya jangan diniatkan sekedar mencari pahala, melainkan memprioritaskan untuk mendapat keridhoan Allah SWT. 

2 komentar: