Blue Fire Pointer AIRPLANE IN THE SKY: Penempatan Definitif Pertama DJP

Jumat, 25 Juli 2014

Penempatan Definitif Pertama DJP



Setiap angkatan DJP memiliki pola ‘pengkaderan’ yang berbeda. Untuk rekrutmen 2013, dimulai dari orientasi sampai dengan pengumuman penempatan definitif memakan waktu 6 bulan. Meresonasi kenangan masa-masa melamar kerja sampai penempatan yang saya lalui:
a.    Tes CPNS Kemenkeu
1.    Daftar online: 1-20 September 2013
2.    Tes kompetensi dasar: 6 Oktober 2013
3.    Psikotes: 1 November 2013
4.    Tes kesehatan dan kebugaran: 25 November 2013
5.    Tes wawancara: 26 November 2013
b.    Pengumuman: 24 Desember 2013
c.    Pemberkasan:  9 dan 10 Januari 2014
d.    Orientasi: 15 Januari 2014 – 14 Februari 2014
e.    On the job training: 17 Januari 2014 – 23 Mei 2014
f.     Diklat Prajabatan Golongan III: 9 Juni 2014 – 2 Juli 2014
g.    Pengumuman penempatan definitif: 10 Juli 2014
h.    Melapor ke kantor baru: 11 Agustus 2014
Pengumuman penempatan definitif 10 Juli 2014 menjadi saksi pembuktian janji CPNS Kemenkeu “bersedia ditempatkan di mana saja”. Penempatan definitif ini misteri, ya Misteri Illahi dan bagian kepegawaian pusat. Yang anak mami harus rela ngekos. Yang biasa tinggal di kota besar harus siap tinggal di kota kecil. Yang biasa di desa kini harus mengecap kerasnya Ibu Kota Jakarta. Naaahh, ini yang mau saya certain: Yang pengen merantau malah tetep di Padang (ini nasib saya). Tapi di manapun itu, Alhamdulillah ini merupakan rencana Tuhan yang terbaik buat kita. Tak pernah berhenti belajar dan menggali potensi di mana pun ditempatkan. Semangat buat teman-teman yang jauh dari homebase terutama orang Jawa yang penempatan di Papua. Kapan lagi bisa plesiran ke Raja Ampat :)
Tidak hanya saya yang tak jadi merantau di kantor ini. Kak Eghy dan Nova pun akhirnya kembali menjadi warga Padang. Kami harap Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi yang telah menampung kami dengan penuh kasih sayang ini tidak bosan dengan kehadiran ‘anak baru stok lama’ semanis kami. Namun Jessica harus rela bergeser sedikit dari peta. Yah, Padang Solok tidak terlalu jauhlah (dalam peta). Selamat memasuki KPP Pratama Solok. –Febby Mellisa

10 komentar:

  1. Mbak feby salam kenal , aku Baru lulus nih Mbak pengen masuk djp kemenkeu juga.... Aku mau Tanya dong Mbak kalau pas tes gambar Itu gak bisa gambar gi mana ya :(..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Sandya, selamat atas kelulusannya :) Untuk menggambar berhubung saya bukan psikolognya, jadi gak tau gimana penilaiannya. Menurut pengalaman teman-teman sih gak masalah gak bisa gambar. Tapi gak ada salahnya juga berlatih dari sekarang ya :)

      Hapus
  2. salam kenal mb feby, saya cpns kemenkeu DJP rekrutmen 2014, ojt per 2 februari 2015, tp smpai blan mei ini kok blm ad tanda tanda pngumuman prajab ya mb? doakan saya mndapat penempatan definitif yang bgus y mb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar yah. harus ikuti birokrasi ;)
      skrg ojt dimana?

      Hapus
  3. ia mbak siaappppp.
    aq ojt di kpp ponorogo jawa timur mb, tp asli solo jateng hhe,
    ojt slsai 5 juni mb, brarti saya nunggu jdwal prajab ya? abis itu dtu sm dtsd y mb?
    o ia mb prajab itu ap harus dijakarta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bram tgu aja pengumumannya smua terjadwal dg baik kok walau kdg2 dadakan pengumumannya. Prajab tdk hrs d jakarta, bs di sumatera atau jawa lainnya jg..

      Hapus
    2. Iya bram tgu aja pengumumannya smua terjadwal dg baik kok walau kdg2 dadakan pengumumannya. Prajab tdk hrs d jakarta, bs di sumatera atau jawa lainnya jg..

      Hapus
  4. ia mbak febby, ini ojtnya udah slsai, tingal nunggu jadwal prajabatan dll. minta doanya ya,,, smga dimudahkan. amin.

    BalasHapus
  5. Mbaa febby salam kenal yess , dari awal rekrutmen aku udaa baca baca tulisan mba dan akhirnya aku lolos , skrg masih magang ajaa nih tak kunjung dtempatkan , hikss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba rita salam kenal. Makasi udh dibaca. Magang dmn?

      Hapus