Blue Fire Pointer AIRPLANE IN THE SKY: Tips Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan

Selasa, 21 Juni 2016

Tips Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan




Siapa yang setiap hari terbiasa membaca Al-Quran?
Siapa yang setiap hari bisa menamatkan 1 juz?
Luar biasa bagi kamu yang melaksanakannya. Namun tentunya tidak semua orang bisa membaca Al-Quran dengan lembaran yang banyak. Ada yang baru memasuki lembar ke 4 suaranya surat seret, terbata-mata, tidak fokus, ditambah lagi mata semakin mengantuk. Ada! Saya contohnya *sedih.
Nah, mumpung ini bulan baik, bulan suci Ramadhan, marilah kita bersama-sama mencoba memperbaiki ibadah kita, salah satunya rajin membaca Al-Quran. Semoga Allah memberkahi puasa kita, aamiin!
Al-Quran terdiri dari 30 juz yang masing-masing juz berbeda-beda jumlah ayatnya. Jika dirata-ratakan berdasarkan jumlah lembarannya, setiap juz terdiri dari 10 s.d 11 lembar. Jika ingin menamatkan dalam 1 bulan, maka dalam 1 hari  kita harus membaca 10 s.d 11 lembar tersebut. Kebanyakan? Yakin? Baca dulu tips berikut ini:
Pertama, jangan mengejar sekaligus 10 atau 11 halaman setelah shalat Isya;
Kedua, bagi-bagi jatah membaca Al-Quran setelah shalat 5 waktu, misal 2 lembar setiap selesai shalat. Apabila kamu pekerja yang tidak memungkinkan untuk mengaji di kantor, maka bagi waktu menjadi 3 yaitu Subuh, Maghrib, dan Isya;
Ketiga, atur volume suara sehingga tidak kehabisan suara saat mengaji;
Keempat, jangan sapai salah tajwid-nya agar tafsirnya juga tidak salah;
Kelima, komitmen untuk melaksanakannya setiap hari;
Keenam, ajak keluarga atau teman untuk melaksanakan rutinitas ini sehingga bisa saling mengingatkan;
Ketujuh, jangan lupa baca juga artinya agar semakin memahami firman Allah;
Kedelapannya bonus, hadis Rasulullah SAW menyoal prasangka baik kepada Allah “Jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari-lari kecil.”




Catatan: Tips ini disusun bersama dengan sahabat saya, Mega Mutia Elza. Dengan menulis tips ini, bukan berarti saya sudah mampu untuk menamatkan Al-Quran dalam 1 bulan. Tetapi, dengan komitmen dan mengharapkan keridhoan Allah SWT, semoga saya dan kamu-kamu bisa!
Sumber gambar: http://2.bp.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar